KTM ATV HQ Forums banner
1 - 1 of 1 Posts

·
Registered
Joined
·
4 Posts
Discussion Starter · #1 ·
Bagi Sobat yang tertarik untuk mendalami dunia marketing, apakah sudah memahami SEO adalah apa? SEO sendiri sejatinya yaitu salah satu strategi terpenting yang wajib anda pelajari. Mengapa demikian? Karena SEO ini bisa mendorong website untuk muncul dihasil pencarian organik dan mendapatkan perhatian dari para pelanggan.
Tak hanya itu, metode yang satu ini juga bisa meningkatkan kualitas dari berbagai upaya pemasaran yang sedang diterapkan oleh perusahaan. Uniknya lagi, marketer juga tidak perlu lagi mengeluarkan biaya yang banyak jika ingin memanfaatkan strategi tersebut. Oleh karena itu, saat ini hampir semua perusahaan yang meluncurkan kampanye marketing akan menggunakan metode SEO.

Apa Itu SEO?
Computer Computer keyboard Personal computer Laptop Netbook


SEO atau biasa disebut search engine optimization yaitu praktik optimisasi guna meningkatkan visibilitas dan posisi sebuah website di dalam mesin pencarian (search engine). Mengapa perusahaan ini perlu meningkatkan posisi atau ranking situs dalam search engine? Karena, dengan itu pelanggan dan para prospek bisa menemukan situs dengan lebih mudah.
Awareness serta engagement dari berbagai kampanye marketing perusahaan juga akan meningkat dan secara langsung akan berimbas pada misi penjualan bisnis. SEO sendiri adalah sebuah strategi yang berfokus pada peningkatan ranking dalam hasil pencarian organik, alias tidak berbayar. Apabila perusahaan memiliki situs web dan ingin mendatangkan lebih banyak traffic yang relevan, sudah tidak diragukan lagi bahwa SEO harus menjadi bagian dari upaya pemasaran mereka.

Jenis-Jenis SEO
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, SEO merupakan salah satu strategi yang paling efektif untuk meningkatkan jumlah traffic yang relevan dalam situs. Buktinya, hingga saat ini ia menjadi metode pemasaran yang paling sering dimanfaatkan perusahaan untuk keperluan pemasaran mereka. Meskipun demikian, strategi yang satu ini bisa dipilah menjadi empat kategori yang berbeda. Marketer bisa memanfaatkan praktiknya guna meraih pelanggan dan prospek baru dari berbagai channel yang dimiliki oleh perusahaan.
Nah, berikut merupakan keempat jenis search engine optimizer yang wajib dipelajari oleh para marketer. Jangan lupa untuk dicatat, ya!

1. On-page SEO
Jenis SEO pertama yang sering dimanfaatkan oleh para marketer di bidang content marketing yaitu on-page SEO.
Menurut Sixth City Marketing, kategori SEO yang satu ini lebih mengacu pada proses mengoptimalkan konten yang terdapat di situs web perusahaan. Inisiatif ini bisa mencakup optimalisasi copy, keyword, header, meta description dan title, featured image, dan lain-lain.
Biasanya, dalam proses eksekusi metode on-page SEO, marketer perlu melakukan riset keyword, optimisasi metadata, dan juga melakukan internal linking.

Baca Juga : Cara Kerja SEO, Kelebihan dan Manfaat Menggunakan SEO!


2. Off-page SEO
Jenis metode SEO berikutnya yang juga sering dimanfaatkan oleh perusahaan ternama yaitu off-page SEO.
Strategi off-page SEO sejatinya lebih mengacu pada proses optimisasi elemen yang biasanya tidak terdapat di dalam situs web.
Metode ini akan mendorong marketer untuk menciptakan eksposur dan kredibilitas untuk perusahaan mereka, yang pada akhirnya bisa menghasilkan lebih banyak pengunjung dan penjualan.
Sebagian besar inisiatif off-page SEO akan difokuskan pada proses link building atau praktik membuat situs web terkemuka lain menautkan link kembali ke situsmu.

3. Technical SEO
Technical SEO merupakan jenis strategi SEO lainnya yang dapat digunakan oleh para marketer profesional.
Nah, apa itu yang dimaksud dengan technical SEO? Menurut Moz, strategi ini akan mengacu pada tindakan yang bisa membantu search engine merayapi situs web dan meningkatkan user experience (UX).
Pada dasarnya, cara kerja dan juga algoritma dari search engine akan selalu berubah menjadi lebih kompleks. Oleh karena itu, proses kerja dari jenis SEO ini biasanya akan terus berkembang.
Sebagai contoh, inisiatif terbaru dalam metode technical SEO yaitu memastikan bahwa tidak ada masalah dengan crawlability dan UX situs. Tidak hanya itu, perusahaan nantinya juga bisa memperbaiki website speed, mobile friendliness, dan struktur situs saat menerapkan strategi technical SEO.

4. Local SEO
Jenis SEO terakhir yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan dan para marketer yaitu local SEO.
Kategori SEO ini adalah variasi yang sifatnya lebih berfokus pada lokasi bisnis.
Dalam artian, ia akan mengacu pada proses meningkatkan kehadiran online situs di komunitas daerah bisnis dan mempromosikan produk atau layanan kepada pelanggan lokal.
Di sini, pihak marketer dapat memasukkan alamat, jam buka, deskripsi, ulasan, dan foto produk untuk meningkatkan kepercayaan dari pelanggan. Halaman dari hasil search engine juga akan melihat kedekatan, relevansi, dan keunggulan berdasarkan permintaan pencarian pengguna, dan memilih bisnis perusahaan jika mereka memenuhi persyaratan. Intinya, jenis SEO ini sifatnya lebih berfokus pada optimisasi elemen geografis daripada kategori-kategori lainnya.

Sobat, itu tadi merupakan penjelasan tentang apa itu seo dan jenis-jenis dari seo. Jadi, Sobat jangan ragu lagi ya untuk menerapkan strategi bisnis yang satu ini!
 
1 - 1 of 1 Posts
Top