KTM ATV HQ Forums banner
1 - 1 of 1 Posts

·
Registered
Joined
·
2 Posts
Discussion Starter · #1 ·
Resep dan Strategi Pemasaran Kerupuk Terbaik dan Terlaris. Orang Indonesia tidak lepas dari makanan yang bernama kerupuk. Makan tanpa kerupuk rasanya kurang lengkap, ada berbagai jenis kerupuk dan memiliki rasa yang berbeda-beda.

Rasa kerupuk yang gurih dan renyah memang bisa menambah cita rasa dan melengkapi masakan. Disini saya akan membahas tentang resep dan cara membuat kerupuk dengan berbagai macam yang bisa dijadikan peluang bisnis untuk strategi pemasaran kerupuk rumahan.

Apa Itu Kerupuk?
Food Ingredient Recipe Cuisine Tableware

Kerupuk bisa dikatakan sebagai salah satu makanan khas Indonesia. Kerupuk adalah makanan ringan yang umumnya terbuat dari tepung tapioka yang dicampur dengan Bahan penyedap rasa seperti udang atau ikan.
Setiap daerah di Indonesia memiliki kerupuk tersendiri yang dibuat dengan Bahan-Bahan yang mudah ditemukan di daerah yang bersangkutan. Selain dimakan begitu saja, kerupuk juga sering disantap dengan nasi dan lauk pauk lainnya.

Makanan ini populer di kalangan masyarakat Indonesia sebagai camilan. Pada umumnya pembuatan kerupuk melalui 3 proses persiapan yaitu pembuatan, penjemuran dan kemudian pemasakan dengan cara digoreng atau dibakar. Kerupuk bertekstur renyah sering dijadikan pelengkap berbagai makanan seperti nasi goreng, bakmi, ketoprak atau gado-gado.

Peluang Bisnis dan Strategi Pemasaran Kerupuk

Ada berbagai kerupuk di pasaran. Mulai dari kerupuk bawang hingga kerupuk ikan. Ada juga yang menjual kerupuk mentah dan siap makan. Konsumen kerupuk bisa dikatakan besar dan tidak terbatas mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Padahal, setiap daerah memiliki oleh-oleh khas berupa kerupuk. Sebut saja kerupuk Palembang, kerupuk Bangka, kerupuk Sidoarjo, dan lain-lain. Rasanya sama enaknya dan disukai banyak orang.
Pasar yang luas dan banyak peminatnya menjadi alasan peluang emas dari bisnis kerupuk. Bagi sebagian orang mungkin hal itu sepele. Tapi cuan dan rasanya sama enaknya, apalagi kalau bisa diproduksi dan dijual dalam jumlah banyak.

Bisa dibilang, kerupuk laris manis setiap hari. Harganya yang murah dan dikonsumsi setiap hari, menjadi alasan mengapa prospek bisnis kerupuk sangat bagus dan bisa mendatangkan uang tunai.

Meski sudah banyak yang menjalankan bisnis kerupuk, Anda juga bisa ikut serta dalam bisnis makanan gurih ini. Modal yang dibutuhkan tidak besar. Apalagi jika kerupuknya baru saja dikemas ulang. Anda hanya membutuhkan kemasan yang menarik dan promo yang tepat, maka bisnis kerupuk Anda akan booming.

Bisnis kerupuk bisa dilakukan oleh siapa saja. Anda bahkan bisa memulainya di rumah. Jika tertarik, simak strategi pemasaran kerupuk menggunakan resep dan cara membuat aneka kerupuk di bawah ini.

Resep-Resep Kerupuk Melarat

1. Resep Kerupuk Melarat
Plant Pink Magenta Market Event

Alat Membuat Kerupuk Melarat :
  • timbangan
  • pisau
  • wadah/baskom
Bahan Kerupuk Melarat:
  • 500 gram Tepuk tapioka / kanji
  • 2 sendok makan garam
  • 6 sendok makan gula
  • 10 butir Bawang putih
Cara Membuat Kerupuk Melarat :
  1. Langkah pertama siapkan bahan-bahan untuk membuat kerupuk yaitu siapkan tepung tapioka, garam dan bawang putih yang dihaluskan. Selanjutnya silahkan campur semua Bahan. Aduk hingga semua tercampur atau hingga merata.
  2. Setelah itu bisa dimasukkan ke dalam cetakan dengan ukuran kurang lebih 150 cm x 250 cm. Sebagian tepung yang sudah dicampur bumbu kemudian 'dicor' menggunakan air mendidih. Pengecoran ini dapat dilakukan pada ketinggian air yang dituang, yaitu pada ketinggian 1 meter di atas tepung. Air mendidih yang dibutuhkan adalah 3 ember. Akibatnya, tepung akan berubah menjadi gumpalan seperti pati yang telah mengental. Pati yang mengental inilah yang menjadikan kerupuk sebagai Bahan pembuatan kerupuk.
  3. Selanjutnya campurkan tepung kanji yang sudah dibuat menggunakan sisa tepung yang tidak dicor. Buat bola-bola dari gumpalan tepung maizena dan tepung. Uleni sampai adonan menjadi padat. Setelah kayu gelondongan terasa keras, barulah kayu gelondongan dapat diiris tipis-tipis. Ukuran kerupuk tergantung selera.
  4. Setelah kerupuk diiris, kerupuk yang belum jadi bisa ditampi dalam jumlah yang cukup, yaitu antara 15 sampai 20 buah. Tutup untuk irisan kerupuk sampai matang. Namun perlu Anda ingat untuk tidak mengolesi kerupuk terlalu lama. Karena jika terlalu matang dapat menghasilkan kerupuk yang akan menghasilkan kualitas yang kurang baik.
  5. Setelah proses pematangan cukup, irisan kerupuk kemudian dapat dipindahkan dari tampi ke wadah lain. Bergerak dengan hati-hati.
  6. Kemudian Anda bisa menjemur kerupuk di bawah sinar matahari hingga kering. Setelah kerupuk kering, kita tinggal menggorengnya. Nah untuk cara menggoreng kerupuk ini terbilang unik yaitu menggunakan pasir sungai yang sudah dibersihkan.
  7. Goreng kerupuk ini menggunakan pasir sungai dengan kondisi pasir panas. Setelah matang, kerupuk yang melarat bisa dihilangkan. Kerupuk siap dinikmati.

2. Resep Kerupuk Terasi
Food Ingredient Staple food Tableware Recipe

Bahan:
  • Tapioka 1 kg
  • Terigu 1/4 kg
  • Terasi 100 gr
  • garam 100 gram
  • Gula Pasir 75 gr
  • Penyedap rasa sesuai selera
  • Bawang putih 75 gram
Cara Membuat Kerupuk Terasi:
  1. Haluskan bawang putih, lalu tumis dan angkat jika sudah harum, tambahkan garam, gula, bawang putih, dan terasi ke dalam mangkuk. aduk rata
  2. Campur tepung tapioka dan tepung terigu. Ambil sedikit dan larutkan dengan 1/4 liter air. Setelah tepung larut, tambahkan campuran bumbu yang sudah kita buat tadi.
  3. Panaskan adonan dalam panci sambil diaduk hingga menjadi bubur kental. Pindahkan adonan yang sudah tercapai dan kental ke dalam baskom bersih.
  4. Masukkan sisa tepung ke dalam adonan dan tambahkan sedikit demi sedikit air sambil diaduk hingga menjadi adonan yang kalis dan tidak lengket lagi di wajan.
  5. Masukkan adonan kerupuk ke dalam plastik berbentuk silinder dengan panjang kurang lebih 20 cm dan diameter 5-7 cm. Setelah dimasukkan, uleni adonan dan tutup ujungnya.
  6. Kukus plastik berisi adonan menggunakan steamer/kukus hingga matang. Setelah adonan matang, adonan bisa dikatakan matang jika berubah warna menjadi bening.
  7. Keluarkan adonan dan tiriskan di atas penampi selama 8-12 jam sampai mengeras. Adonan yang keras dan kering akan mudah diiris dan tidak mudah pecah.
  8. Iris adonan menggunakan pisau yang sangat tajam agar mudah menyusun potongan menjadi irisan tipis. Iris setebal 2 mm
  9. Kemudian keringkan kerupuk yang sudah diiris tipis. Cara mengadu kerupuk terdiri dari 2 tahap. Pada tahap awal, udara adonan kerupuk selama kurang lebih 24 jam. Setelah itu baru dijemur di bawah sinar matahari langsung.
  10. Lamanya tergantung pada cuaca. Pastikan kerupuk sudah sangat kering dan kencang, lalu kerupuk terasi siap digoreng untuk dinikmati.

3. Resep Kerupuk Udang
Food Ingredient Recipe Staple food Fast food


Bahan:
  • tepung tapioka 2kg
  • 2 kg udang segar
  • 10 siung bawang putih, haluskan
  • jumlah minyak yang tepat
  • garam secukupnya
  • gula untuk dicicip
  • penyedap rasa secukupnya
  • air bersih secukupnya
Cara Membuat Kerupuk Udang:
  1. Buang kulit dan kepala udang, cuci bersih, lalu tiriskan. Haluskan udang yang sudah dicuci dengan blender dan masukkan ke dalam wadah.
  2. Campurkan udang yang sudah halus dengan tepung tapioka, aduk hingga merata.
  3. Masukkan bumbu-bumbu seperti penyedap rasa, gula, garam dan bawang putih yang sudah dihaluskan, aduk kembali hingga benar-benar merata.
  4. Tuang air sedikit demi sedikit hingga adonan terasa pas lalu uleni dengan tangan hingga adonan kalis dan tidak lengket di tangan.
  5. Bungkus adonan kerupuk dengan daun pisang dan gulung memanjang.
  6. Kukus adonan yang sudah dibungkus selama 3 jam sampai adonan matang, angkat dan dinginkan.
  7. Setelah dingin, iris-iris adonan kerupuk kukus dan jemur di bawah terik matahari hingga benar-benar kering, kurang lebih 2-3 hari.
  8. Panaskan minyak goreng, lalu goreng kerupuk mentah hingga mengembang dan matang. Angkat dan tiriskan, kerupuk udang siap disajikan.

4. Resep Kerupuk Bawang

Bahan:
  • 50 gram tepung sagu
  • 200 gram tepung terigu
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt baking powder
  • 5 bawang merah, haluskan
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • santan cair secukupnya
  • minyak secukupnya
  • 2 bawang bombay kecil, iris halus
Cara Membuat Kerupuk Bawang :
  1. Campur tepung terigu dengan tepung sagu, baking powder. Tambahkan garam secukupnya dan aduk semua Bahan sampai merata.
  2. Campurkan bawang bombay yang sudah dihaluskan ke dalam adonan tepung, lalu tambahkan telur dan santan, uleni adonan hingga kalis.
  3. Tambahkan daun bawang ke dalam adonan yang sudah kalis. Iris tipis adonan kerupuk sesuai selera.
  4. Panaskan minyak, lalu goreng adonan hingga mengembang. Angkat lalu tiriskan. Kerupuk bawang siap disajikan.

5. Resep Kerupuk Nais / Gendar
Food Ingredient Wood Cuisine Staple food


Bahan:
  • 2 mangkuk nasi
  • 1/2 cangkir tepung tapioka
  • 1 sdt garam
  • 1 bungkus penyedap rasa
  • 2 siung bawang putih
  • 2 daun bawang
  • 2 sdm gula putih
Cara Membuat Kerupuk Nasi / Gendar :
  1. Kukus sisa nasi lalu tumbuk kasar, tambahkan tepung tapioka
  2. Haluskan garam dengan bawang putih. Cincang halus dan tipis daun bawang
  3. Tambahkan gula dan penyedap rasa. tambahkan setengah gelas air dan aduk rata
  4. Masukkan adonan ke dalam panci dan kukus selama setengah jam. Matikan kompor dan biarkan dingin.
  5. Setelah dingin, potong adonan kerupuk tipis-tipis dan keringkan selama 2 hari
  6. Goreng kerupuk dalam minyak panas hingga mengembang, angkat dan tiriskan. Kerupuk nasi siap disajikan.
Baca Juga: Terlezat! Cara Membuat Bakso Daging Mudah Dibuat Untuk Peluang Usaha

Manfaat Kerupuk Bagi Kesehatan

Meski kerupuk merupakan pendamping makanan, manfaat makan kerupuk baik untuk kesehatan. Tentunya dengan jumlah konsumsi yang wajar dan tidak berlebihan. Nah, berikut ini berbagai manfaat kerupuk yang dihimpun dari berbagai sumber, antara lain:

1. Kerupuk Menyehatkan Gigi
Karena kandungan nutrisi yang terdapat pada kerupuk seperti kalsium dan fosfor (terutama terasi dan kerupuk udang), makan kerupuk dapat membantu menguatkan gigi. Tidak hanya itu, seringnya konsumsi kerupuk juga dapat membantu pertumbuhan gigi Anda.

2. Menjaga Kesehatan Tulang
Selain menguatkan gigi, manfaat makan kerupuk juga mampu menjaga kesehatan tulang karena kandungan kalsium dan fosfor di dalam kerupuk. Tentu saja manfaat tersebut dapat menghindarkan Anda dari pengeroposan tulang.

3. Kerupuk Bisa Menambah Energi
Meski jarang terdengar karena kerupuk merupakan makanan yang relatif ringan, manfaat kerupuk justru bisa menambah energi Anda, kenapa? karena kerupuk banyak mengandung protein dan karbohidrat. Kedua kandungan nutrisi kerupuk itu bisa membantu pembentukan energi dalam tubuh.

4. Kerupuk Membantu Meredakan Rasa Pedas Dimulut
Kepedasan? Mulai sekarang, tidak hanya air putih yang bisa meredakan rasa pedas di mulut, Anda juga bisa langsung makan kerupuk. Hal ini karena kandungan minyak pada kerupuk. Saat Anda mengunyah kerupuk, minyak dalam kerupuk akan melumasi dan dapat membantu menetralisir rasa pedas di mulut Anda.

5. Kerupuk Dapat Meningkatkan Massa Otot
Bagi Anda yang ingin atau sedang membangun tubuh atau menambah massa otot, sertakan kerupuk setiap kali makan berat, karena manfaat kerupuk juga dapat membangun otot. Itu karena kandungan protein dalam kerupuk udang atau kerupuk ikan, yang bisa membantu menambah massa otot yang besar. Meski mengandung protein, sebaiknya tetap mengonsumsi makanan berprotein lain seperti protein hewani dan nabati, seperti daging dan kacang-kacangan.

Strategi Promosi Pemasaran Kerupuk

Untuk dapat menjalankan pemasaran usaha kerupuk yang kurang baik itu dapat dicapai melalui berbagai upaya melalui promosi. Promosi kerupuk bisa dilakukan dari mulut ke mulut, dimana olahan kerupuk harus diolah dengan promosi yang baik agar disukai banyak orang sehingga bisa berjalan dengan sendirinya sehingga menjadi efektif dan juga ramai diperbincangkan banyak orang. .

Selain itu, bisnis Kerupuk bisa muncul dengan memanfaatkan media sosial seperti penggunaan Facebook, We Chat, BBM, Path, Instagram, Whats Up, Twitter, dan lain-lain. Anda juga dapat memasang spanduk dan spanduk dengan desain bisnis kerupuk menarik yang juga ditempatkan di lokasi ramai agar banyak dilihat orang.

Tips penting agar kerupuk Anda tahan lebih lama, bungkus produk Anda dengan rapat dan rapi menggunakan alat Hand Sealer yang akan sangat berguna, cepat dan mudah.

Nah, tentang resep kerupuk dengan cara pengolahan yang tidak sulit dan ribet. Dalam mengolah kerupuk, pastikan setiap langkah dilakukan dengan benar agar rasa kerupuk semakin nikmat.

Dengan hadirnya resep dan strategi pemasaran kerupuk akan memudahkan Anda untuk mempraktekkannya. Untuk harga, kerupuk yang Anda jual bisa dibuat per paket dengan harga mulai dari Rp. 8.000 sampai Rp. 15.000. Atau bisa disesuaikan dengan harga bahan baku.

Ingin segera mencoba aneka resep kerupuk diatas di rumah! Jika anda jago membuat kerupuk ini dan hasilnya pas, maka anda bisa langsung menjalankan bisnis kerupuk sekarang juga. Selamat memasak dan semoga berhasil ya!
 
1 - 1 of 1 Posts
Top