KTM ATV HQ Forums banner
1 - 1 of 1 Posts

·
Registered
Joined
·
1 Posts
Discussion Starter · #1 ·
Cara menyimpan kelapa yang sudah dikupas – Kelapa diketahui memiliki banyak manfaat, mulai dari pohonnya memiliki banyak manfaat dari bawah hingga atas. Disini kita akan membahas bagaimana cara menyimpan kelapa yang sudah dikupas, kelapa yang berbentuk lonjong dan berwarna hijau saat masih muda namun berwarna coklat saat sudah tua dapat digunakan untuk kesehatan dan masakan.

Kelapa biasanya digunakan sebagai bahan masakan, yaitu buahnya yang sudah tua dengan ciri-ciri tempurungnya berubah warna menjadi coklat, tidak berat lagi, kadar air di dalamnya sedikit, dan ampasnya mudah retak atau pecah. Namun sebaliknya, kelapa untuk kesehatan adalah buah muda yang segar dengan ciri-ciri yaitu kulitnya berwarna hijau muda, kandungan airnya banyak, sehingga bobot kelapa muda lebih berat dari kelapa tua, dan batangnya ini buahnya berwarna lebih terang, yang biasanya berwarna hijau. kuning cerah dan oranye terang.

Untuk harga kelapa muda lebih mahal dari yang tua, karena banyak kelapa muda, atau biasa disebut yang memburunya. Biasanya digunakan untuk minuman kesehatan dan umum karena masih segar. Harga buah muda atau degan yang 15.000 mungkin lebih mahal tergantung jenis kelapa mudanya, tetapi jika sudah tua bisa dibeli dengan harga 5.000 rupiah.

Namun kelapa yang sudah dikupas ternyata sedikit mudah basi dan mudah tercium baunya, perlu cara menyimpan kelapa parut agar tidak basi berikut ini caranya.

Cara Menyimpan Kelapa yang Sudah Dikupas
Snow Natural material Chemical compound Ingredient Cuisine


1. Rendam dalam air
Cara pertama sangat mudah dilakukan, pertama siapkan wadah yang cukup besar untuk menampung daging kelapa, lalu tambahkan air secukupnya dan masukkan daging kelapa ke dalam wadah tersebut. Sederhana saja, cara ini bisa menyimpan buah kelapa hingga beberapa hari.

2. Masukkan ke dalam lemari es
Anda bisa membersihkan kelapa yang sudah dikupas terlebih dahulu dan dicuci dengan air bersih. Jika dirasa sudah bersih, masukkan ke dalam wadah plastik atau toples dan masukkan ke dalam lemari es.

3. Dikukus
Cara ketiga ini memerlukan beberapa tahapan yaitu kelapa yang sudah dikupas dan diparut terlebih dahulu agar lebih mudah dikukus. Setelah berubah menjadi kelapa parut, kukus di atas kompor dengan api kecil sampai matang, tambahkan sedikit garam sesuai selera jika perlu. Cara ini biasanya digunakan untuk taburan makanan tradisional atau sebagai topping. Kelapa akan bertahan hingga beberapa bulan.

4. Pengeringan
Sebelum mengeringkan kelapa anda harus memiliki alat terlebih dahulu yang saya maksud adalah dehidrator untuk mengeringkan kelapa. Anda dapat menyimpan kelapa hingga beberapa bulan dengan alat ini.

5. Gunakan kelapa segera
Cara yang terakhir yaitu kelapa yang dikupas langsung digunakan, lebih baik karena masih segar dan kesegarannya terjaga, jadi jika kelapa yang dikupas lebih baik jika digunakan langsung.


Selain membahas cara menyimpan kelapa parut disini kita akan membahas manfaat kelapa untuk kesehatan tubu, adapun manfaatnya sebagai berikut.

Manfaat Kelapa Untuk Tubuh
Food Coconut Ingredient Plant Cuisine


1. Menjaga sistem imun tubuh
Sistem kekebalan tubuh yang baik mampu melawan segala jenis bakteri atau virus penyebab penyakit. Manfaat buah kelapa yang pertama adalah menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat untuk mencegah bahaya penyakit.

2. Memperkuat tulang
Manfaat lain dari kelapa adalah memperkuat tulang. Kenapa bisa? Itu karena kelapa mengandung cukup banyak kalsium dan magnesium, yang membantu memperkuat tulang, sehingga Anda dapat membantu mencegah osteoporosis.

3. Jantung sehat
Manfaat buah kelapa untuk jantung tentunya menyehatkan untuk organ tubuh yang sangat penting ini. Buah ini memiliki lemak alami yang dapat mengusir lemak jahat di jantung, menjaga jantung Anda tetap sehat sepanjang waktu.

4. Mencegah penuaan dini
Saat diolah menjadi minyak, manfaat kelapa untuk tubuh antara lain antioksidan yang membantu mencegah penuaan dini. Jadi jika ingin terlihat awet muda, konsumsilah buah kelapa secara rutin setiap hari.

5. Sistem pencernaan yang sehat
Manfaat buah kelapa dalam hal ini sangat membantu dalam menyehatkan sistem pencernaan tubuh Anda. Kandungan serat dalam buah ini cukup membantu organ pencernaan Anda bekerja lebih baik untuk memperlancar pencernaan.

6. Memperkuat gigi
Manfaat gigi kelapa ditingkatkan oleh kandungan kalsium dan magnesiumnya. Buah ini tentu cocok untuk anak Anda yang sedang tumbuh untuk mengunyah lebih baik.

7. Obat batu ginjal
Kombinasikan konsumsi kelapa dengan air. Cairan ketuban ini dapat membantu Anda mengobati penyakit batu ginjal. Karena air kelapa mengandung nutrisi alami yang sehat untuk organ tubuh seperti ginjal.

8. Makanan yang baik untuk ibu hamil
Buah kelapa dan airnya menjadi sumber nutrisi yang baik untuk ibu hamil. Wanita hamil lebih sering muntah selama kehamilan. Konsumsi air putih dan kelapa secara teratur akan membantu ibu hamil dan janinnya tumbuh sehat.

9. Menurunkan berat badan
Menurunkan berat badan harus diimbangi dengan mengonsumsi makanan bergizi seperti kelapa. Lemak alami dalam buah ini dapat membantu program diet Anda menurunkan berat badan dengan lebih sehat dan tanpa efek samping.

10. Mencegah diabetes
Rasa manis dari buah ini merupakan gula alami yang baik untuk tubuh. Buah ini bisa menjadi pengganti konsumsi gula Anda setiap hari. Dengan cara ini Anda akan terhindar dari penyakit diabetes atau penyakit kencing manis yang cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda.
 
1 - 1 of 1 Posts
Top