KTM ATV HQ Forums banner
1 - 1 of 1 Posts

·
Registered
Joined
·
4 Posts
Discussion Starter · #1 ·
Hai Sobat, apakah Sobat pernah melihat iklan di televisi atau pernah melihat papan reklame yang ada di pinggir jalan?Jika pernah, berarti Sobat sudah pernah melihat contoh dari pemasaran traditional. Tapi, apa itu pemasaran traditional? Simak penjelasannya di bawah ini!

Apa Itu Pemasaran Traditional?
Font Triangle Recipe Advertising Graphics


Traditional marketing atau pemasaran tradisional yaitu sebuah istilah strategi pemasaran yang memiliki beragam saluran periklanan, contohnya seperti iklan di media cetak, papan reklame, televisi, pamflet dan kampanye poster, hingga iklan siaran radio. Traditional marketing termasuk jenis pemasaran yang paling dikenal, mencakup semua iklan yang kita lihat dan kita dengar setiap hari.

Di dunia digital sepeti saat ini, pasti pernah tersirat sebuah pertanyaan apakah pemasaran tradisional masih relevan untuk dilakukan? Sebenarnya, pemasaran tradisional ini belum mati, bahkan belum saatnya untuk tidur panjang. Strategi ini ternyata masih lazim untuk digunakan di banyak strategi pemasaran B2B dan B2C. Mereka menawarkan sebuah cara yang berharga untuk bisa selalu terhubung dan mengembangkan target pasar.


Tujuan Melakukan Pemasaran Traditional
Saat ini, digital marketing merupakan suatu hal yang lazim digunakan oleh pemasar untuk bisa menjangkau konsumen. Banyak pemasar yang menilai bahwa pemasaran tradisional ini sudah tidak efektif jika dilakukan hari ini. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa banyak perusahaan yang telah meninggalkan pemasaran tradisional dan mengadopsi strategi pemasaran yang kontemporer.

Tetapi, apakah anda mengetahui apa tujuan dari pemasaran tradisional dan mengapa orang masih menggunakannya hingga hari ini? Ternyata pemasaran tradisional berpotensi untuk menciptakan brand awareness.

Pemasaran tradisional ini akan tetap efektif dalam peningkatan prospek, terutama jika digabungkan dengan penggunaan pemasaran digital. Setiap aktivitas bisnis harus mempunyai kegiatan pemasaran secara offline yang bertujuan untuk meningkatkan brand awareness, mendapatkan pelanggan baru, hingga mendapatkan loyalitas pelanggan. Selain itu, strategi pemasaran tradisional ini masih digunakan karena hal berikut:


• Penggunaan strategi pemasaran tradisional bisa dengan mudah menjangkau banyak pelanggan. Contohnya, suatu iklan radio yang diputar di satu lokasi akan menjangkau suatu kota atau wilayah. Atau juga sepucuk pamflet yang dikirimkan ke setiap rumah di sejumlah daerah tertentu.

• Barangnya masih bisa disimpan. Pelanggan bisa menyimpan barang atau rupa fisik sehingga dapat dilihat terus-menerus. Contohnya seperti iklan selebaran yang diberikan dapat disimpan sehingga penerima bisa terus melihat produk yang ditawarkan.

• Mudah untuk dimengerti. Pemasaran tradisional bisa dengan mudah dipahami oleh kebanyakan orang karena sejak lama mereka sudah sering dihadapkan pada strategi semacam ini.

Baca Juga : Perbedaan Digital Marketing dan Traditional Marketing

Kelebihan dari Pemasaran Traditional
Hingga saat ini dimana teknologi berkembang dengan sangat pesat, pemasaran secara traditional ternyata masih memiliki banyak kelebihan, berikut beberapa kelebihannya:

  1. Metode pemasaran secara tradisional mungkin hanya satu-satunya alat untuk menjangkau kelompok konsumen tertentu anda. Contohnya, jika anda tertarik untuk menargetkan para CEO yang sudah pensiun, sebagian besar demografis ini tidak memanfaatkan saluran media internet atau sosial media.
  2. Penjualan secara “person to person” masih sangat dipertimbangkan oleh banyak strategi pemasaran traditional. Pasti terdapat waktu dan juga tempat ketika melakukan penjualan secara tradisional karena hal tersebut memang cara paling efektif untuk memasarkan produk atau layanan. Contohnya, melalui orang-ke-orang, anda dapat melakukan demonstrasi. Selanjutnya, banyak juga pelanggan dan klien lebih suka berbisnis dengan orang-orang yang berhubungan langsung dengan mereka.
  3. Pemasaran traditional tentunya menawarkan hal yang nyata. Ada sesuatu yang dapat dikatakan tentang memperlihatkan kepada para konsumen tentang hal yang nyata. Hal tersebut memudahkan untuk memberikan informasi, contohnya seperti membagi-bagikan kartu nama atau memiliki sesuatu di acara-acara pribadi, seperti ceramah atau acara dagang.
Sobat, itulah penjelasan tentang apa itu pemasaran traditional, tujuan melakukan pemasaran traditional dan kelebihan dari pemasaran traditional. Jadi, apakah Sobat ingin menerapkan teknik traditional marketing ini? Selamat mencoba!
 
1 - 1 of 1 Posts
Top